Wednesday, October 13, 2010

Hari Ini, Asteroid Akan 'Sasar' Bumi

LONDON - Sebuah asteroid yang berukuran lebih besar dari truk gandeng akan melintasi Bumi hari ini, dengan jarak 28.000 mil. Namun asteroid tersebut tidak memiliki kemungkinan akan menabrak Bumi.

Batu asteroid tersebut, yang memiliki lebar sekira 6 meter akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi sebelum tengah hari. Sayangnya para ahli astronomi belum tahu pasti titik lokasi terendah asteroid itu sendiri. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (13/10/2010).

Menurut para ahli, meski asteroid yang disebut 2010 TD54 itu akan berdekatan dengan bumi namun tidak akan sampai memasuki atmosfir. Jika pun memasuki atmosfir maka asteroid itu akan terbakar habis sebelum sampai ke Bumi.

"Batu angkasa berukuran kecil seperti ini akan terbakar di atmosfir kita dan tidak akan berbahaya," ujar kelompok pemerhati Asteroid dari lembaga antariksa Amerika (NASA).

Grup dari Nasa tersebut juga menambahkan bahwa dibutuhkan teleskop yang canggih untuk menentukan waktu dimana asteroid tersebut mencapai titik terendahnya dengan Bumi, yang mana
diperkirakan akan berjarak lebih dekat dari bulan.

"Untungnya asteroid ini tidak akan mengenai Bumi. Namun fenomena ini bisa jadi pengingat jika Bumi ternyata berada di tengah-tengah 'sasaran tembak benda-benda kosmik' dan kita harus lebih waspada dalam mengawasi asteroid-asteroid tersebut," ujar Emily Baldwin dari Astronomy Now.
(srn)
 
 
 

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...